Kualitas Lulusan Pendidikan Kesetaraan (Sekolah Paket) Untuk Meningkatkan Sumber Daya Manusia

KATA PENGANTAR

Segala puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan bimbingan-Nya saya dapat menyusun makalah ini.

Makalah ini merupakan panduan bagi para mahasiswa, untuk belajar dan mempelajari lebih lanjut tentang Kualitas Lulusan Pendidikan Kesetaraan (Sekolah Paket) Untuk Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Yang bertujuan dapat menumbuhkan proses belajar mandiri, agar kreativitas dan penguasaan materi pelajaran optimal sesuai dengan yang di harapkan.

Dengan adanya makalah ini di harapkan dapat membantu mahasiswa  dalam mengetahui tentang bagaimana bersosialisasi dengan baik. Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan senantiasa menjadi sahabat dalam belajar untuk meraih prestasi yang gemilang. Kritik dan saran dari bapak/ ibu dan juga teman-teman tetap saya harapkan guna perbaikan dan penyempurnaan untuk belajar ke depan.

Penulis

(Prapto Prasojo)

BAB I

PENDAHULUAN

1.1           Latar Belakang

Metode pendidikan terbagi dua, yaitu secara formal dan non formal. Pembahasan kali ini terfokus pada pendidikan non formal, sebagai contoh yaitu pendidikan kesetaraan atau sekolah paket. Pendidikan Kesetaraan adalah salah satu satuan pendidikan pada jalur pendidikan nonformal yang meliputi kelompok belajar (kejar) Program Paket A, Program Paket B, dan Program Paket C yang dapat diselenggarakan melalui Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pusat kegiatan belajar Masyarakat (PKBM), atau satuan sejenis lainnya.

Pendidikan kesetaraan berfungsi untuk menguatkan (reinforcement) kreativitas dan produktivitas yang telah menyatu dan berkembang pada diri peserta didik melalui pembelajaran kecakapan hidup. Pendidikan kesetaraan berperan secara terarah dalam memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat untuk menyelesaikan pendidikan.

Sasaran pendidikan kesetaraan adalah warga masyarakat yang putus dalam jenjang atau antar jenjang yang karena berbagai alasan dan kondisi sehingga tidak dapat menempuh pendidikan pada jalur formal.

 

1.2           Rumusan Masalah

Rumusan dari makalah ini yaitu :

  1. Pengertian Pendidikan Kesetaraan
  2. Macam – Macam Pendidikan Kesetaraan
  3. Sasaran Pendidikan Kesetaraan
  4. Kualitas Lulusan Pendidikan Kesetaraan Untuk Meningkatkan Sumber Daya Manusia

1.3           Tujuan Penulisan

Tujuan Penulisan makalah ini yaitu :

  1. Memenuhi Tugas Ilmu Sosial Dasar
  2. Menjelaskan Pengertian dan Macam – Macam Pendidikan Kesetaraan
  3. Menjelaskan Kualitas Lulusan Pendidikan Kesetaraan

1.4           Sistematika Penulisan

KATA PENGANTAR

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

1.2  Rumusan Masalah

1.3  Tujuan Penulisan

1.4  Sistematika Penulisan

BAB II           

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Pendidikan Kesetaraan

2.2 Macam – Macam Pendidikan Kesetaraan

2.3 Sasaran Pendidikan Kesetaraan

2.4 Kualitas Lulusan Pendidikan Kesetaraan

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

3.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA

BAB II

 

PEMBAHASAN

2.1    Pengertian Pendidikan Kesetaraan

 

Pendidikan Kesetaraan adalah salah satu satuan pendidikan pada jalur pendidikan nonformal yang meliputi kelompok belajar (kejar) Program Paket A setara SD/MI, Program Paket B setara SMP/MTs, dan Program Paket C setara SMA/MA yang dapat diselenggarakan melalui Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pusat kegiatan belajar Masyarakat (PKBM), atau satuan sejenis lainnya.

Dalam pendidikan kesetaraan selain diberikan materi ilmu pengetahuan juga diberikan materi kecakapan hidup (life skill). Diharapkan dengan adanya kecakapan hidup ini warga belajar akan mampu mandiri dan mampu menciptakan lapangan usaha bagi diri mereka sendiri. Adapun kecakapan hidup yang diberikan tergantung pada karakteristik tempat kegiatan pembelajaran berlangsung. Kecakapan hidup ini bisa berupa perbengkelan, kerajinan tangan, peternakan maupun pertanian.

2.2    Macam – Macam Pendidikan Kesetaraan

1. PROGRAM PAKET A

Program Paket A adalah program pendidikan dasar pada jalur pendidikan nonformal setara SD/MI bagi siapapun yang terkendala ke pendidikan formal atau berminat dan memilih pendidikan kesetaraan untuk ketuntasan pendidikan. Pemegang ijazah Program Paket A memiliki hak eligibilitas yang sama dengan pemegang ijazah SD/MI.

2. PROGRAM PAKET B

Program Paket B adalah program pendidikan dasar pada jalur pendidikan  nonformal setara SMP/MTs bagi siapapun yang terkendala ke pendidikan formal atau berminat dan memilih pendidikan kesetaraan untuk ketuntasan pendidikan dasar. Pemegang ijazah Program Paket B memiliki hak eligibilitas yang sama dengan pemegang ijazah SMP/MTs.

3. PROGRAM PAKET C

Program Paket C adalah program pendidikan menengah pada jalur pendidikan  nonformal setara SMA/MA bagi siapapun yang terkendala ke pendidikan formal atau berminat dan memilih pendidikan kesetaraan untuk ketuntasan pendidikan menengah. Pemegang ijazah Program Paket C memiliki hak eligibilitas yang sama dengan pemegang ijazah SMA/MA.

2.3 Sasaran Pendidikan Kesetaraan

1.         Kelompok masyarakat usia 15 – 44 yang belum tuntas wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun.

2.         Kelompok masyarakat yang membentuk komunitas belajar sendiri dengan flexi learning seperti komunitas sekolah rumah atau komunitas e- learning.

3.         Penduduk yang terkendala ke jalur formal karena berbagai hal berikut:

a. Potensi khusus seperti pemusik, atlet, pelukis dll,

b. Waktu seperti pengrajin, buruh, dan pekerja lainnya,

c. Geografi seperti etnik minoritas, suku terasing dan terisolir,

d. Ekonomi seperti penduduk miskin dari kalangan petani, nelayan, penduduk kumuh dan miskin perkotaan, pekerja rumah tangga, dan tenaga kerja wanita,

e. Keyakinan seperti warga pondok pesantren yang tidak menyelenggarakan pendidikan formal (madrasah), bermasalah sosial/hukum seperti anak jalanan, korban Napza, dan anak Lapas.

 

2.4    Kualitas Lulusan Pendidikan Kesetaraan

Hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.

Dalam Pendidikan Program Paket, dampak yang diperoleh kelulusan setelah mengikuti pembelajaran diantaranya, yaitu :

  • Adanya kedisiplinan dalam mengikuti pekerjaan, bekerja sesuai dengan aturan dan tata tertib di lapangan
  • Pengembangan diri, termasuk di dalamnya ada peningkatan belajar mandiri, kemampuan untuk menjalin komunikasi dengan atasan maupun dengan rekan kerja, ramah, terbuka dan adanya partisipasi di lingkungan kerja
  • Memiliki keterampilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari (Paket A)
  • Memiliki keterampilan untuk memenuhi tuntutan kerja (Paket B)
  • Memiliki keterampilan berwirausaha (Paket C)

 

BAB III

PENUTUP

 

3.1   Kesimpulan

Dari penjelasan yang sudah diberikan tentang pendidikan kesetaraan . Proses pendidikan yang terdiri dari Paket-paket pendidikan kesetaraan yang dirancang untuk peserta didik yang berasal dari masyarakat yang kurang beruntung, tidak pernah sekolah, putus sekolah dan putus lanjut, serta usia produktif yang ingin meningkatkan proses sumber daya manusia dalam  pengetahuan dan kecakapan hidup, dan warga masyarakat lain yang memerlukan layanan khusus dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sebagai dampak dari perubahan peningkatan taraf hidup, ilmu pengetahuan dan teknologi.

3.2   Saran

Saran dari penulis yaitu, Hendaknya perlu adanya sosialisasi akan pentingnya pendidikan bagi warga dalam meningkatkan sumber daya manusia yang tidak dapat terlayani oleh pendidikan formal karena sesuatu hal. Dalam hal ini perlu peranan pemerintah yang dapat memberikan terobosan-terobosan demi kemajuan pendidikan di Indonesia. ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dari pemerintah untuk memfasilitasi dan memberikan kesempatan kepada setiap warga negaranya untuk mengakses pendidikan.

Daftar Pustaka

 

  1. http://www.imadiklus.com/2012/10/pengertian-program-pendidikan-kesetaraan.html
  2. http://www.bppnfi-reg4.net/index.php/component/content/article/5-informasi/21-pendidikan-kesetaraan.html
  3. http://edukasi.kompasiana.com/2011/05/14/mengenal-pendidikan-kesetaraan-363956.html
  4. http://doubleyuw-clover.blogspot.com/2012/11/makalah-isd-i-kualitas-lulusan.html
  5. http://rraaggiill.wordpress.com/2012/11/11/kualitas-lulusan-pendidikan-kesetaraan-untuk-meningkatkan-sumber-daya-manusia/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s