Ilmu Sosial Dasar Dalam Bidang Pendidikan

KATA PENGANTAR

Segala puji syukur saya panjatkan kehadiran tuhan yang maha esa atas rahmat dan bimbingan-Nya saya dapat menyusun makalah ini.

            Makalah ini merupakan panduan bagi para mahasiswa, untuk belajar dan mempelajari lebih lanjut tentang Ilmu Sosial Dasar dalam Bidang Pendidikan. Yang bertujuan dapat menumbuhkan proses belajar mandiri, agar kreativitas dan penguasaan materi pelajaran optimal sesuai dengan yang di harapkan.

            Dengan adanya makalah ini di harapkan dapat membantu mahasiswa  dalam mengetahui tentang bagaimana bersosialisasi dengan baik.

            Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan senantiasa menjadi sahabat dalam belajar untuk meraih prestasi yang gemilang. Kritik dan saran dari bapak/ ibu dan juga teman-teman tetap saya harapkan guna perbaikan dan penyempurnaan untuk belajar ke depan.

Depok, 12 Oktober 2012

 

 ( Prapto Prasojo)

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1           Latar Belakang

Dimulai dari banyaknya kritik – kritik yang ditujukan pada sistem pendidikan di Indonesia oleh sejumlah cendikiawan terutama sarjana pendidikan, social dan kebudayaan. Mereka menganggap sistem pendidikan yang tengah berlangsung saat ini, berbau colonial dan masih merupakan warisan sistem pendidikan pemerintahan belanda, yaitu kelanjutan dari “ Politik Balas Budi” yang bertujuan menghasilkan tenaga-tenaga terampil untuk mengisi birokrasi mereka di bidang administrasi, pedagang, teknik dan keahlian lain dalam tujuan eksploitasi kekayaan Negara.

Atas dasar permasalahan diatas maka Ilmu Sosial Dasar diperlukan untuk menyelesaikannya. Dan pada akhirnya diharapkan tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi memiliki tiga jenis kemampuan yang meliputi personal, akademik, dan professional.

Kemampuan personal adalah kemampuan kepribadian. Dengan kemampuan ini para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga menunjukkan sikap, tingkah laku, dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia.

Kemampuan akademik adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tertulis, menguasai peralatan analisa, mampu berpikir logis, kritis sistematis, dan analitis.

Kemampuan professional adalam kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Dengan kemampuan ini para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.

 

1.2           Rumusan Masalah

Rumusan masalah dari makalah ini yaitu :

  • Hakikat ISD dalam bidang pendidikan
  • Pentingnya ISD dalam bidang pendidikan
  • Tujuan pengajaran ISD dalam bidang pendidikan

1.3           Tujuan Penulisan

Dari rumusan masalah diatas maka didapat tujuan penuisan yaitu:

  • Mengetahui hakikat ISD dalam bidang pendidikan
  • Mengetahui pentingnya ISD dalam bidang pendidikan
  • Mengetahui tujuan pengajaran ISD dalam bidang pendidikan
  • Serta memenuhi tugas SOFTSKILL

1.4           Sistematika Penulisan

KATA PENGANTAR

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

1.2  Rumusan masalah

1.3  Tujuan penulisan

1.4  Sistematika penulisan

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Hakikat ISD dalam bidang pendidikan

2.2 Pentingnya ISD dalam bidang pendidikan

2.3 Tujuan pengajaran ISD dalam bidang pendidikan

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

3.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Hakikat ISD Dalam Bidang Pendidikan

Dalam dunia Pendidikan Dasar dan Menengah di Negara Kita muncul bersamaan dengan diberlakukannya kurikulum SD, SMP dan SMU tahun 1975. Dilihat dari sisi keberlakuannya, Ilmu Sosial Dasar disebut sebagai bidang studi “baru”, karena cara pandangnya bersifat terpadu. Hal tersebut mengandung arti bahwa Ilmu Sosial Dasar bagi pendidikan dasar dan menengah merupakan hasil perpaduan dari sejumlah mata pelajaran. Perpadauan ini disebabakan Ilmu Sosial Dasar tersebut memiliki obyek material kajian yang sama yaitu manusia. Dalam bidang pengetahuan sosial, kita mengenal banyak istilah yang kadang-kadang dapat mengacaukan pemahaman. Ilmu social dasar merupakan suatu bahan studi atau program pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan / pengajaran yang ada di Indonesia diberikan di perguruan tinggi.

2.2 Pentingnya ISD Dalam Bidang Pendidikan

Kehidupan sosial manusia dimasyarakat beraspek majemuk yang meliputi aspek-aspek hubungan sosial, ekonomi, psikologi, budaya, sejarah, geografi dan politik. Karena tiap aspek kehidupan social itu mencakup lingkup yang luas, untuk mempelajari dan mengkajinya menuntut bidang-bidang ilmu yang khusus. Melalui ilmu-ilmu sosial dikembangkan bidang – bidang ilmu tertentu sesuai dengan aspek kehidupan sosial masing-masing. Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai bidang pendidikan, tidak hanya membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial, melainkan lebih jauh dari pada itu berupaya membina dan mengembangkan peserta didik menjadi sumber daya manusia yang berketerampilan sosial dan intelektual sebagai warga masyarakat dan negara yang memiliki perhatian secara kepedulian sosial yang bertanggung jawab. Kehidupan di masyarakat dan bermasyarakat yang terus berkembang, menjadi landasan bagi pengembangan Ilmu Sosial Dasar sebagai bidang pendidikan yang disesuaikan dengan perubahan dan tuntutan kemajuan kehidupan.

 

2.3 Tujuan Pengajaran ISD Dalam Bidang Pendidikan

Secara umum dikemukakan oleh Fenton(1967), adalah mempersiapkan anak didik menjadi warga negara yang baik, mengajar anak didik agar mempunyai kemampuan berpikir dan dapat melanjutkan kebudayaan bangsa. Sedangkan Clark dalam bukunya, Social Studies in Secundary School, AHand Book (1973) menyatakan bahwa studi sosial dasar  menitikberatkan pada perkembangan individu yang dapat memahami lingkungan sosialnya, manusia dengan segala kegiatannya dan interaksi antara mereka. Dalam hal ini anak didik diharapkan dapat menjadi anggota yang produktif, berpartisipasi dalam masyarakat yang merdeka, mempunyai rasa tanggung jawab tolong menolong dengan sesamanya dan dapat mengembangka nilai-nilai dan ide-ide dari masyarakatnya (Thamrin Talut, 1980: 2 ).

Jadi tujuan utama pengajaran Sosial dasar di bidang pendidikan adalah untuk memperkaya dan mengembangkan kehidupan anak didik dengan mengembangkan kemampuan dalam lingkungannya dan melatih anak didik untuk menempatkan dirinya dalam masyarakat yang demokratis.

 

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Jadi,ilmu sosial dasar dapat dikatakan tidak asing bagi setiap orang. Terutama dalam kehidupan sosial manusia dimasyarakat meliputi suatu faktor hubungan dalam proses belajar dan mengajar. Karena tiap aspek kehidupan sosial. Ilmu Sosial Dasar sebagai bidang pendidikan menciptakan masyarakat yang mempunyai ilmu pengetahuan untuk berinteraksi dan bersosialisasi terhadap individu atau kelompok masyarakat lainnya.

3.2 Saran

Untuk meningkatkah rasa Sosial maka Ilmu Pendidikan sosial tidak hanya di pelajari oleh mahasiswa tapi di aplikasikan dalam hidupnya

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s