ILMU SOSIAL DASAR

KATA PENGANTAR

Segala puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,  karena berkat Rahmat-Nya makalah ini dapat saya selesaikan. Makalah ini disusun agar kita dapat memperluas wawasan kita tentang Ilmu Sosial Dasar.

Makalah ini dibuat dalam rangka pembelajaran mata kuliah Ilmu Sosial Dasar (softskill). Pemahaman tentang manusia dan hal – hal yang berkaitan dengannya sangat diperlukan, dengan suatu harapan suatu masalah dapat diselesaikan dan dihindari kelak, sekaligus menambah wawasan bagi kita semua.

Makalah ini, tentunya masih jauh dari kesempurnaan, karena penulis juga masih dalam tahap pembelajaran. Oleh karena itu arahan, koreksi dan saran, sangat penulis harapkan. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca.

Terimakasih.

Depok, 11 Oktober 2012

Prapto Prasojo

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. 1.     LATAR BELAKANG

 

Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah masalah sosial yang ada dalam masyarakat. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya. Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat. Dengan adanya masalah-masalah diatas maka Ilmu Sosial Dasar di bahas agar masalah-masalah tersebut dapat diatasi dengan baik.

  1. 2.     RUMUSAN MASALAH

Rumusan dari makalah ini adalah:

  • Pengertian Ilmu Sosial Dasar
  • Tujuan dari Ilmu Sosial Dasar
  • Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
  • Masalah – masalah sosial dalam Ilmu Sosial Dasar
  1. 3.     TUJUAN PENULISAN

Dari rumusan masalah diatas, maka didapatlah tujuan penulisan, yaitu:

  • Mengetahui pengertian dari Ilmu Sosial Dasar
  • Mengetahui Tujuan dari Ilmu Sosial Dasar
  • Mengetahui Ruang lingkup dari Ilmu Sosial Dasar
  • Mengetahui masalah – masalah sosial dalam Ilmu Sosial Dasar
  • Memenuhi tugas Ilmu Sosial Dasar ( softskill )
  1. 4.     SISTEMATIKA PENULISAN

KATA PENGANTAR

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG

1.2  RUMUSAN MASALAH

1.3  TUJUAN PENULISAN

1.4  SISTEMATIKA PENULISAN

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR

2.2 TUJUAN ILMU SOSIAL DASAR

2.3 RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR

2.4 MASALAH-MASALAH SOSIAL DALAM ILMU SOSIAL DASAR

BAB III

PENUTUP

3.1 KESIMPULAN

3.2 SARAN

DAFTAR PUSTAKA

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1     PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR

Ilmu sosial dasar adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia tentang masalah sosial, dan juga membicarakan hubungan timbale balik antara manusia dengan lingkungannya. Khususnya kehidupan masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian. Ilmu sosial bukanlah suatu bidang keahlian ilmu-ilmusosial tertentu, tetapi berasal berbagai bidang pengetahuan dalam berbagai ilmu-ilmu sosial seperti, sosiologi, sejarah ,antropologi, psikologi sosial.

2.2     TUJUAN ILMU SOSIAL DASAR

Tujuan ilmu sosial dasar (ISD) adalah memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial dan lebih memahami dan menyadari bahwa setiap kenyataan sosial dan masalah sosial ada dalam masyarakat dan selalu bersifat kompleks, kita hanya bias memahaminya secara kritis.

Tujuan khusus lain dari ilmu social dasar adalah:

a.   Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah-maslah social yang ada dalam masyarakat.

b.    Peka terhadap masalah-maslah social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.

c.    Menyadari bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).

d.    Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalalm rangka penanggulangan maslah social yang timbul dalam masyarakat.

2.3     RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR

Adapun ruang lingkup materi Ilmu Sosial Dasar adalah:

a.    Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu. Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu sosial. Karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya.

b.    Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial. Sebagai contoh dari konsep dasar semacam ini misalnya konsep keanekaragaman, dan konsep kesatuan sosial.

Bertolak dari kedua konsep tersebut diatas, maka dapat kita pahami dan sadari di dalam masyarakat selalu terdapat:

1).   Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individual maupun kelompok.

2).   Persamaan dan perbedaan itulah yang sering kali menyebabkan timbulnya konflik, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.

2.4     MASALAH – MASALAH SOSIAL DALAM ISD

Ilmu sosial juga menelaah gejala-gejala yang wajar dalam masyarakat seperti norma-norma, kelompok sosial, lapisan masyarakat, lembaga-lembaga kemasyarakatan, proses sosial, perubahan sosial dan kebudayaan, serta perwujudannya. Tidak semua gejala tersebut berlangsung secara normal sebagaimana dikehendaki masyarakat bersangkutan. Gejala – gejala tersebut dinamakan masalah – masalah sosial. Masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Atau menghambat terpenuhinya keinginan – keinginan pokok warga kelompok sosial tersebut sehingga menyebabkan kepincangan ikatan sosial.

Beberapa contoh masalah sosial dalam masyarakat antara lain: pengangguran, kebodohan, kemiskinan, kenaikan sembako,kejahatan, pungutan liar, tuna wisma, penggusuran, peperangan, disorganisasi keluarga, homoseksualitas, kebakaran, bencana alam, pencemaran lingkungan, dan  tingginya angka kelahiran.

  • Kemiskinan

Kemiskinan diartikan sebagai suatu keadaan di mana seseorang tidak sanggup memelihara dirinya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan kelompok dan juga tidak mampu memanfaatkan tenaga mental, maupun fisiknya dalam kelompok tersebut.

  • Kejahatan

Kejahatan disebabkan karena kondisi-kondisi dan proses-proses sosial yang sama, yang menghasilkan perilaku-perilaku sosial lainnya.

  • Disorganisasi Keluarga

Disorganisasi keluarga adalah perpecahan keluarga sebagai suatu unit karena anggota-anggotanya gagal memenuhi kewajiban-kewajibannya yang sesuai dengan peranan sosialnya.

  • Peperangan

Peperangan merupakan suatu bentuk pertentangan dan juga suatu lembaga kemasyarakatan.Peperangan merupakan bentuk pertentangan yang setiap kali diakhiri dengan suatu akomodasi.

  • Pelacuran

Pelacuran merupakan suatu pekerjaan yang bersifat menyerahkan diri kepada umum untuk melakukan perbuatan-perbuatan seksual dengan mendapat upah.

  • Homoseksualitas

Homoseksualitas merupakan pola perilaku para homoseksual, sedangkan homoseksual adalah seseorang yang cenderung mengutamakan orang yang sejenis kelaminnya sebagai mitra seksual.

BAB III

PENUTUP

3.1     KESIMPULAN

Jadi, Ilmu Sosial Dasar sangatlah penting dan berpengaruh terhadap kehidupan kita, karena sangat membantu kita untuk menjadi individu yang baik. Selain itu juga Ilmu Sosial Dasar pada hakikatnya mengingatkan kepada setiap manusia bahwa manusia adalah makhluk sosial sehingga tidak jarang terjadi masalah antara setiap manusia.

3.2     SARAN

Sebagai makluk sosial manusia hidup saling bergantung terhadap manusia lain. Jadi, janganlah anda menjadi pribadi yang hanya mementingkan individu sendiri melainkan ikut memikirkan orang-orang yang ada di sekitar anda.

DAFTAR PUSTAKA

  1. http://claudialfeline.blogspot.com/2012/01/rangkuman-ilmu-sosial-dasar.html
  2. http://carideny.blogspot.com/2012/03/ringkasan-ilmu-sosial-dasar.html
  3. http://ngeblogbarengjae.blogspot.com/2011/11/pengertian-ilmu-sosial-dasar.html
  4. http://kaidarbilly.blogspot.com/2011/11/makalah-ilmu-sosial-dasar-dalam-bidang.html
  5. http://hepuralto21.blogspot.com/2011/10/makalah-memahami-konsep-dasar-ilmu.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s