Pengaruh Budaya Lokal Terhadap Perilaku Generasi Muda

BAB I

Pendahuluan

 

1.1            Latar Belakang

Budaya pada hakikatnya adalah suatu hal yang diturunkan secara turun – temurun oleh nenek moyang kita. Semua hal itu cukup luas, contohnya adalah  sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaianbangunan, dan karya seni. Setiap daerah pada hakikatnya memiliki budayanya masing – masing namun tidak sedikit juga daerah yang memiliki budaya yang sama dengan daerah lainnya. Budaya juga dapat memberikan pengaruh terhadap lingkungan sekitarnya tidak hanya kepada orang dewasa namun budaya berpengaruh juga terhadap semua usia. Dalam pengaruh ini budaya dapat menimbulkan pengaruh positif ataupun pengaruh yang negatif.

Generasi muda sering disebut sebagai acuan untuk menilai kualitas sebuah Negara. Mengapa demikian? Karena pada hakikatnya generasi mudalah yang akan meneruskan perjuangan para orang tua ataupun pemimpin – pemimpin yang sedang berkuasa saat ini. Sebuah Negara akan menjadi baik ataupun buruk itu tergantung kepada masyarakatnya termasuk generasi muda, walaupun tidak hanya hal itu saja yang menentukan kualitas sebuah Negara tetapi generasi muda memiliki peran yang penting dalam memajukan sebuah Negara.

Pada akhirnya generasi muda juga akan mengalami pengaruh atau dampak dari adanya budaya itu sendiri. Sebenarnya budaya yang paling mempengaruhi adalah budaya lokal, karena budaya lokal sudah ada sejak ia lahir dan juga diajarkan atau di didik kepada generasi muda oleh orang tua mereka masing – masing. Pengaruh budaya lokal apa sajakah yang telah mempengaruhi perilaku generasi muda saat ini? Karena hal itu makalah ini dibuat agar kita semua dapat mengetahuinya.

 

1.2            Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas dapat ditarik sebuah rumusan masalah yaitu:

  • Pengertian dari budaya lokal
  • Pengertian Generasi muda
  • Potensi Generasi Muda dalam Masyarakat
  • Pengaruh Budaya lokal terhadap generasi muda

 

1.3            Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan ini adalah:

  • Agar pembaca mengerti apa itu budaya lokal,
  • Mengerti akan generasi muda,
  • Dan juga makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas softskill ( ilmu budaya dasar )

 

BAB II

Pembahasan

 

2.1     Pengertian Budaya Lokal

            Budaya pada hakikatnya adalah suatu hal yang diturunkan secara turun – temurun oleh nenek moyang kita. Semua hal itu cukup luas, contohnya adalah  sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaianbangunan, dan karya seni. Lokal sendiri diartikan sebagai sebuah daerah. Jadi, pengertian dari budaya lokal adalah suatu hal yang dipercaya atau digunakan dalam kehidupan sehari – hari di dalam sebuah daerah. Budaya lokal biasanya menjadi sebuah ciri khas dari sebuah daerah. Misalkan budaya lokal yang dimiliki oleh masyarakat jawa tengah dalam hal berbicara yaitu berkata dengan lembut dan juga  sopan dan santun.

Berikut ini adalah definisi dan pengertian kebudayaan menurut beberapa ahli:

  • EDWARD T. HALL
    Kebudayaan adalah komunikasi dan komunikasi adalah kebudayaan
  • IRIS VARNER & LINDA BEAMER
    Kebudayaan adalah sebagai pandangan yang koheren tentang sesuatu yang dipelajari, yang dibagi, atau yang dipertukarkan oleh sekelompok orang
  • LARRY A. SAMOVAR & RICHARD E. PORTER
    Kebudayaan dapat berarti simpanan akumulatif dari pengetahuan, pengalaman, kepercayaan, nilai, sikap, makna, hirarki, agama, pilihan waktu, peranan, relasi ruang, konsep yang luas, dan objek material atau kepemilikan yang dimiliki dan dipertahankan oleh sekelompok orang atau suatu generasi.
  • GUDKUNTS & KIM
    Kebudayaan adalah sistem pengetahuan yang dipertukarkan oleh sejumlah orang dalam sebuah kelompok yang besar
  • LEVO – HENRIKSSON
    Kebudayaan meliputi semua aspek kehidupan kita setiap hari, terutama pandangan hidup – apapun bentuknya – baik itu mitos maupun sistem nilai dalam masyarakat
  • ROOS
    Kebudayaan merupakan sistem gaya hidup dan merupakan faktor utama bagi pembentukan gaya hidup

2.2     Pengertian Generasi Muda

            Masa muda pada umumnya dapat dipandang sebagai suatu tahap dalam pembentukan kepribadian manusia dalam proses mencari jati diri. Posisi generasi muda dalam masyarakat adalah sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa, masa depan suatu bangsa ini terletak pada generasi mudanya sebab merekalah yang nantinya menggantikan generasi sebelumnya dalam memimpin bangsa. Pada sisi lain hal itu menimbulkan suatu tanggung jawab yang sangat besar yang harus dipikul oleh generasi muda . Artinya generasi muda harus menjadi sosok yang mampu memenuhi harapan tersebut. Oleh karena itu, hal-hal yang menghambat kemajuan harus diganti dengan hal-hal baru sesuai dengan tuntunan dan perkembangan masyarakat, yaitu dengan dibekali ilmu pengetahuan dan pengarahan tentang pengembangan generasi muda menuju kepada penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan kerja.

 

2.3     Potensi Generasi Muda dalam Masyarakat

Generasi muda adalah sumber daya manusia yang amat potensial bagi pembangunan, menempati lapisan terbesar dalam anggota masyarakat. Sumber ini tidak penah habis, satu kekayaan nasional yang tidak terhingga harganya. Menjadi berharga kalau disiapkan sebagai kader pembangunan.

Berikut adalah beberapa contoh potensi yang dimiliki oleh generasi muda :

  • Generasi Muda yang Progresif

Generasi muda memiliki kecenderungan untuk bersikap antusias dalam menghadapi berbagai isu, baik yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan kehidupan mereka sehari-hari. Selain itu, idealisme yang terkandung dalam jiwa dan pikiran generasi muda memungkinkan generasi muda untuk memainkan peranan penting dalam kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Di sisi lain generasi muda yang progresif adalah generasi muda yang mampu dan dapat berfikir kritis dalam menghadapi realitas sosial politik yang sedang terjadi. Dengan memanfaatkan potensi ini, diharapkan ada sebuah peluang untuk menciptakan masa depan yang lebih damai bagi generasi berikutnya.

  • Generasi Muda yang Nasionalis

Nasionalisme merupakan sikap dan tingkah laku individu atau masyarakat yang merujuk pada loyalitas dan pengabdian terhadap bangsa dan negaranya. Nasionalisme adalah sebuah ideologi yang dapat dilihat sebagai hasil peradaban manusia dalam menjawab tantangan hidupnya. Dengan demikian, ideologi memiliki fungsi menciptakan arti dalam tindakan masyarakat. Ideologi yang dianutlah yang pada akhirnya akan sangat menentukan bagaimana generasi muda memandang sebuah persoalan dan harus berbuat apa untuk mensikapi persoalan tersebut.  

 

2.4     Pengaruh Budaya Lokal Terhadap Generasi Muda

            Pada awal tadi telah disebutkan bahwa budaya lokal memiliki pengaruh, generasi muda pun tidak terlepas dari pengaruh budaya lokal itu sendiri. Berikut beberapa pengaruh yang disebabkan budaya lokal terhadap generasi muda:

  • Menciptakan pemikiran terhadap generasi muda untuk lebih memelihara dan mencintai budayanya sendiri demi masa depan anak cucu.
  • Lebih menghargai nilai budaya dan bahasa, nilai-nilai solidaritas sosial, kekeluargaan dan cinta tanah air yang dirasakan semakin kuat.
  • Membanggakan dan juga mempertahankan budayanya sendiri agar tidak terlupakan atau bahkan hilang dengan kemajuan zaman.

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Pada intinya, kebudayaan lokal memiliki peran penting dalam pemikiran dan juga generasi muda. Karena budaya lokal dapat sedikit meredam pengaruh – pengaruh negative yang ditimbulkan oleh kemajuan zaman saat ini yaitu dengan norma – norma yang berlaku pada sebuah kebudayaan lokal tersebut.

 

 

 

Daftar Pustaka

http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

http://mbahkarno.blogspot.com/2012/10/pengertiandefinisi-budaya-lokal-dan.html

http://ahsanmaqan.blogspot.com/2012/12/generasi-muda.html

http://adzki.wordpress.com/category/budaya/

http://mbodturkmenbash.blogspot.com/2012/06/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s