Analisis Web E-Government Provinsi Riau dengan Dua Kabupaten Bengkalis dan Kepulauan Meranti

Secara etimologi kata Riau berasal dari bahasa Portugis, Rio berarti sungai. Pada tahun 1514 terdapat sebuah ekspedisi militer Portugis menelusuri Sungai Siak bertujuan mencari lokasi kerajaan yang diyakini mereka ada pada kawasan tersebut, dan sekaligus mengejar pengikut Sultan Mahmud Syah yang melarikan diri setelah kejatuhan Malaka.

Pembentukan Provinsi Riau ditetapkan dengan Undang-Undang Darurat Nomor 19 Tahun 1957. Kemudian diundangkan dalam Undang-Undang Nomor 61 Tahun 1958.

Berdirinya Provinsi Riau memakan waktu dan perjuangan yang cukup panjang, yaitu hampir 6 tahun (17 November 1952 s.d 5 Maret 1958). Dengan surat keputusan Presiden tertanggal 27 Februari 1958 No.258/M/1958 telah diangkat Mr. S. M. Amin, Gubernur KDH Provinsi Riau dilakukan pada tanggal 5 Maret 1958 di Tanjungpinang oleh Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Sekjen Mr. Sumarman. Kemudian berdasarkan Kepmendagri nomor Desember 52/I/44-25, pada tanggal 20 Januari 1959, Pekanbaru resmi menjadi ibu kota provinsi Riau menggantikan Tanjung Pinang.

Luas Wilayah Provinsi Riau adalah 107.932,71 Km2 yang membentang dari lereng Bukit Barisan hingga Selat Malaka, Ini membuat provinsi riau berada pada jalur yang sangat strategis karena terletak pada jalur perdagangan Regional dan Internasional di kawasan ASEAN. Memiliki Luas daratan 89.150,15 Km2 dan luas lautan 18.782,56 Km2, di daratan terdapat 15 sungai diantaranya ada 4 (empat) sungai dapat digunakan sebagai prasarana perhubungan, yaitu :

  1. Sungai Siak (300 Km) dengan kedalamam 8 – 12 m,
  2. Sungai Rokan (400 Km) dengan kedalaman 6-8 m,
  3. Sungai Kampar (400 Km) dengan kedalaman lebih kurang 6 m, dan
  4. Sungai Indragiri (500 Km) dengan kedalaman 6 – 8 m. Sungai-sungai tersebut membelah dari pegunungan dataran tinggi Bukit Barisan dan bermuara ke Selat Malaka dan Laut Cina.

 

 

selayang pandang

Analisis dilakukan terhadap web Provinsi Riau dan dua Kabupaten yaitu Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti. Setiap website tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selanjutnya akan dibahas satu persatu sesuai dengan kriteria penilaian analisis.

  1. Selayang Pandang
  • Provinsi Riau

Isi dari Selayang Pandang (Data Umum) pada halaman ini memenuhi kriteria dan ada yang tidak. Dalam halaman Provinsi Riau, Sejarah, Visi dan Misi, Lokasi dalam bentuk peta tersedia. Motto tidak tersedia. Sayangnya Lambang hanya terdapat pada halaman Home tanpa disertai arti dari lambang Provinsi Riau tersebut.

  • Kabupaten Bengkalis

Isi dari Selayang Pandang (Data Umum) pada halaman ini memenuhi kriteria dan ada yang tidak. Dalam halaman khusus Kabupaten Bengkalis hanya berisi informasi mengenai Visi dan Misi, Lambang dan Arti Lambang. Motto tidak ada. Sejarah terbentuknya tidak ada dan Letak Geografis hanya dijelaskan melalui kalimat. Tidak ada gambar letak geografis secara peta.

  • Kabupaten Kepulauan Meranti

Isi dari Selayang Pandang (Data Umum) pada halaman ini memenuhi kriteria dan ada yang tidak. Dalam halaman khusus Kabupaten Kepulauan Meranti terdapat Sejarah terbentuknya Kabupaten Kepulauan Meranti, Lambang dan Arti Lambang, Visi dan Misi. Motto tidak ada. Letak Geografis hanya dijelaskan dengan kalimat. Tidak ada gambar peta.

  1. Pemerintahan Daerah
  • Legislatif dan Eksekutif

Pada Website Riau ini Struktur Eksekutif dan Legislatif hanya terdapat pada Sub Menu dari Website Riau saja. Pada halaman Kabupatennya tidak dicantumkan.

  • Nama, Alamat, Telepon, e-mail dari pejabat daerah hanya disertakan Nama dan foto para pejabat daerah
  • Biodata dari Pimpinan Daerah

Biodata yang tercantum pada para Pimpinan daerah hanya berupa data Nama dan Alamat saja.  Ada beberapa Pimpinan Daerah yang tidak lengkap alamatnya.

  1. Geografi
  • Topografi, Demografi, Sosial, Budaya dan Ekonomi tersedia pada Provinsi Riau. Tidak adanya informasi mengenai cuaca dan iklim. Informasi berupa data statistik tersedia dengan format laporan berbentuk .pdf yang dapat didownload.
  1. Peta Wilayah dan Sumber Daya
  • Terdapat gambar peta Provinsi Riau dan Kab. Meranti. Untuk Sumber Daya Alam hanya terdapat menu nya, banyak content-content Sumber Daya Alam yang dihasilkan pada Provinsi Riau.
  1. Peraturan Kebijakan Daerah
  • Tersedianya link Peraturan Daerah (PERDA) Bengkalis dan Peraturan Gubernur (PERGUB) dalam Provinsi Riau.
  1. Buku Tamu
  • Dalam semua Website tidak terdapat buku tamu.

7. Forum

Pada ketiga website pemerintahan tersebut tidak tersedianya forum untuk diskusi antara pembaca atau pengunjung terhadap pihak dari pemerintahan.

Analisis Web Provinsi Riau

riau

 

Analisis Web Kabupaten Bengkalis bengkalis

Analisis Web Kabupaten Kepulauan Meranti

kep. meranti

Analisa

Setelah dilakukan analisis terhadap web pemerintahan Provinsi Riau dan juga Kabupaten Bengkalis serta Kabupaten Kep. Meranti dapat disimpulkan bahwa web yang memiliki nilai tertinggi atau yang paling baik adalah web dari Kabupaten Bengkalis.

  • Pada bagian unit analisis mengenai informasi menu utama, web pemerintahan Provinsi Riau mendapatkan nilai tertinggi dengan nilai 88,5 karena pada menu utama web tersebut disediakan informasi yang cukup lengkap dan juga tidak membuat bingung pengunjung.
  • Dalam hal informasi tambahan, Provinsi Riau dan juga kabupaten Bengkalis memperoleh nilai sama yaitu 80. Karena pada kedua web tersebut informasi yang tersedia cukup lengkap dan juga cukup menginformasikan tentang daerahnya masing – masing.
  • Pada aspek penyediaan hubungan, kabupaten Bengkalis memperoleh nilai 80 karena tersedianya hubungan untuk masyarakat, investor dan juga pemerintahan walaupun belum terlalu lengkap.
  • Sedangkan dalam hal aksesibilitas, kedua web antara web Provinsi Riau dan Kabupaten Bengkalis memperoleh nilai 100 karena pada saat mengakses kedua web tersebut tidak dibutuhkan waktu yang lama.
  • Dalam hal design, web Kabupaten Kep. Meranti memiliki nilai design yang paling tinggi dengan nilai 80 dikarenakan design yang sederhana yang tidak membuat pusing dan juga tampilan menu yang cukup menarik.
  • Dan yang terakhir dalam hal tingkatan informasi, web dari Kabupaten Bengkalis mendapatkan nilai 80 karena informasi yang disediakan yang paling lengkap diantara web yang lainnya.

Dari ketiga web yang tersedia antara web Provinsi Riau, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kep. Meranti. Kabupaten Kep. Meranti mendapatkan nilai total yang paling rendah dan juga dapat dikategorikan sebagai web yang paling tidak lengkap. Beberapa hal yang mendasarinya yaitu bahwa dalam web tersebut terdapat beberapa menu yang cukup lengkap, namun apabila menu yang diinginkan dipilih tidak menampilkan informasi yang diinginkan, dapat dikatakan juga bahwa menu yang tersedia tidak berfungsi dengan baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s